Perhatian! Jangan Anggap Sepele "Bintik Hitam Pada Gigi", Jika Dibiarkan Akibatnya Bisa "Fatal" Kaya Gini!

Coba deh ambil cermin dan lihat apakah ada titik atau garis hitam di sela-sela gigi gerahammu. Titik atau garis hitam yang terdapat pada gigi merupakan gejala gigi berlubang.




Sisa makanan yang menempel pada gigi akan diubah oleh bakteri mulut menjadi asam sehingga mineral-mineral penyusun gigi menjadi larut dan akhirnya menyebabkan gigi berlubang. Tahapan gigi berlubang antara lain:

Tahap awal
Lubang gigi pada tahap ini biasanya tidak terlihat, hanya berupa titik hitam kecil. Selain itu, kamu tidak akan merasakan sakit karena bagian gigi yang rusak hanyalah permukaannya saja.

Tahap tengah
Lubang gigi tahap ringan yang tidak ditambal akan berkembang menjadi tahap sedang. Pada tahap ini, lubang telah mencapai lapisan dentin sehingga kamu bisa melihat lubang gigi serta merasa sakit ngilu. Tingkatan rasa sakit ngilu tergantung dari dalamnya lubang tersebut, semakin dalam lubang maka akan semakin hebat rasa sakitnya.


Tahap akhir
Lubang gigi tahap tengah yang tidak ditambal akan berkembang menjadi tahap dalam. Pada tahap ini, lubang telah mencapai pulpa yang merupakan tempat berkumpulnya pembuluh darah dan syaraf. Tak heran, pada tahap ini kamu bisa merasakan sakit senat-senut yang luar biasa bahkan sampai tak bisa tidur. Jika pada tahap ini lubang tetap dibiarkan, maka gigi bisa menjadi mati kemudian bernanah dan bahkan bisa menyebabkan berbagai penyakit mulut.

Sobat Cerpen, mulai sekarang, jangan anggap sepele bintik hitam pada gigimu! Pastikan untuk menggosok gigi secara rutin dengan cara yang benar. Selain itu, periksalah ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar gigi tetap terawat!

0 Response to " Perhatian! Jangan Anggap Sepele "Bintik Hitam Pada Gigi", Jika Dibiarkan Akibatnya Bisa "Fatal" Kaya Gini! "

Post a Comment

Popular Posts

Archive

Recent

Comments