Awas, "Papan Talenan" Kerap Menjadi "Sarang Kuman"! Ternyata Cuci Pakai Air Aja Gak Cukup, Jaga Kebersihannya Dengan "5 Cara Yang Benar" Ini!

Tak banyak orang yang sadar bahwa papan potong alias talenan di dapur tak kalah kotor dari tempat sampah. Bakteri pada bahan makanan mentah biasanya bersembunyi di celah-celah guratan talenan. Meskipun setelah dicuci talenan terlihat bersih, namun kenyataannya bakteri bisa saja masih terselip di celah-celah guratan talenan tersebut. Berikut ini adalah 5 cara membersihkan talenan dengan benar!


Bersihkan dengan hidrogen peroksida
Lap talenan dengan cuka hingga bersih kemudian semprotkan hidrogen peroksida 3% dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih kemudian diamkan hingga kering.

Bersihkan dengan cuka

Semprotkan cuka pada talenan kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih. 
Bersihkan dengan garam
Cuci talenan dengan sabun cuci piring dan air bersih, kemudian taburkan garam pada permukaan talenan dan gosok dengan spons beberapa kali. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih. 

Bersihkan dengan lemon
Gosok talenan dengan irisan lemon, maka bau tak sedap yang menempel pada talenan pun dijamin hilang!


Poleskan baking soda pada permukaan talenan hingga merata kemudian tuangkan cuka ke atasnya. Gosok talenan dengan spons lalu diamkan selama 5 menit kemudian bilas hingga bersih dan diamkan hingga kering. 

Selain dibersihkan dengan cara yang benar, sebaiknya talenan untuk memotong daging mentah, sayuran mentah, serta makanan matang dipisah agar terjamin kebersihannya. 

Selamat mencoba!

0 Response to " Awas, "Papan Talenan" Kerap Menjadi "Sarang Kuman"! Ternyata Cuci Pakai Air Aja Gak Cukup, Jaga Kebersihannya Dengan "5 Cara Yang Benar" Ini! "

Post a Comment

Popular Posts

Archive

Recent

Comments